Plum Aussie

Siapa yang tak terpukau dengan warna buah ini ketika telah mematang di tangkai pohonnya, warna jingga kemerah-merahan seakan menyampaikan pesan kesegaran rasa buah ini.

Adalah Plum Aussie nama buah ini, jika anda mencari tahu dari google buah ini adalah asli dari benua Australia, maka lebih populer dengan menyematkan nama aussie dibelakang nama buahnya.

Baiklah, mari kita lebih dekat mengenal buah Plum. Tanaman buah ini ternyata lebih senang ditanam di dataran rendah, tapi bisa saja ditanam di dataran setinggi 580 mdpl tanpa mengurangi kualitas dan produktifitasnya.

Plum Ausse adalah jenis buah plum dari Negara Australia yang memiliki nama latin Prunus Domestica. Rasanya khas, dan tanaman ini hanya dapat beradaptasi dengan baik di area suhu dataran rendah.

Dari sisi manfaatnya, Buah plum mengandung banyak kandungan gizi diantaranya yaitu mineral (fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan seng.), vitamin (A, C, B1, B2, B3, K, E dan B6), asam askorbat, asam folat, serat tinggi, rendah kalori, tidak ada lemak jenuh, kaya akan antioksidan.

Deskripsi Plum Ausse

Secara karakteristik tanaman plum Aussie ini berdaun rimbun, daunnya berwarna hijau pucat dengan bunga warna putih krem berbentuk kecil dan memiliki aroma yang wangi. Ketika sudah besar pohon plum Aussie dapat mencapai tinggi hingga 32 meter, kulit buahnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah coklat sedikit kehitaman saat sudah matang.

Buah plum Ausse berbentuk bulat dengan diameter sekitar 3 cm, daging buahnya memiliki tekstur lembut, didalamnya terdapat biji buah yang berbentuk bulat pipih dan biasanya berjumlah 5-7 biji perbuahnya.

Budidaya

Siapkan bibit plum Ausse berkualitas baik, biasanya bibit yang paling banyak dipakai adalah dari hasil cangkok.

Anda bisa menanamnya menggunakan media pot/tabulampot atau menanamnya secara langsung di lahan terbuka namun, pastikan daerah Anda merupakan area dataran rendah yang kurang dari 580 mdpl, karena jika Anda menanam plum Ausse di dataran tinggi maka hasil dan pertumbuhannya kurang produktif.

Tanah yang akan Anda gunakan sebaiknya dicampur dengan pupuk kotoran hewan ternak seperti kambing atau sapi dengan perbandingan 1:1.

Lakukan perawatan seperti memberi pupuk secara berkala dan menyiramnya satu kali sehari pada pagi hari.

Jangan lupa pastikan tanaman plum Ausse ini terkena paparan sinar matahari langsung.Buah ini salah satu dari seratus jenis buah yang ditanam dan dibudidayakan di Leuweung Geledegan Ecolodge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *