Manggis Si Lambang Kejujuran

Tebak-tebak buah manggis istilah ini jarang terdengar lagi. Dahulu ada satu permainan di masyarakat Indonesia tentang menebak isi buah manggis. Pada permainan ini semua pemain tebak-tebakan memegang bagian kulit pantat buahnya lalu menghitung ruas kembangnya, lalu menghitungnya ajaib jumlah ruas dan isi buahnya akan selalu sama.

Meskipun itu hanya sebuah permainan, namun masyarakat Indonesia memiliki pandangan filosofi bahwa buah ini melambangkan nilai kejujuran. mengapa, pasalnya luar dan dalam isinya sama atau jika ditafsirkan perkataan dan perbuatan selalu sama dan sejalan.  

Baiklah, manggis adalah tanaman buah yang menyebar di semenanjung malaya hingga ke Indonesia. Dalam industri pasar buah ini sering disebut si ratu buah sebagai pasangan dari si raja buah (durian).

Memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana Konon buah ini diceritakan sebagi buah legenda yang telah ada ribuan tahun lamanya, orang Florida menyebut buah ini sebagai buah keabadian.

Manggis adalah buah asli Indonesia yang berasal dari beerapa wilayah antara lain tanah Sunda, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun, tanaman manggis juga bisa ditemukan di kepulauan Maluku, hingga negara-negara lain seperti Malaysia, Brunei, dan Timor Leste.

Nama buah manggis berasal dari bahasa Melayu yang merupakan bahasa serumpun dengan bahasa Indonesia.  Di daerah Sunda ada yang menyebut Manggu, di Minangkabau Sumatra barat lebih populer dengan nama Manggih. Di Kalimantan suku Dayak menyebut Sungkup dan di Halmahera Maluku dinamai Busutang

Pohon manggis adalah jenis tanaman buah tropis tinggi pohonnya bisa mencapai 20-27 meter. Tempat tumbuhnya adalah tanah dataran tinggi musim berbunganya terjadi antara Januari-Mei dan musim panennya cukup panjang pada bulan Oktober hingga Februari.

Budidaya

Berkebun manggis cukup menggunakkan bibit semaian dari biji, pada dasarnya sifat tanaman 100% persis sama dengan pohon induknya. Walau masa tunggu berbuah lama sekitar 10 tahun.

Namun produksinya bisa sampai ratusan butir per pohon. Bibit manggis sambungan lebih cocok untuk tanaman pekarangan atau tabulampot.
Sedangkan jika ingin mengebunkan dalam skala besar harus dikelola secara agribisnis dengan perhitungan cermat yang meliputi bibit, lokasi pemeliharaan dan tata kelola.

Lokasi berkebun manggis membutuhkan lahan tanah yang gembur, subur dan bersolum cukup dalam. Lapisan tanah bawah sedalam 3 meter. Manggis memiliki daya penyesuaian terhadap jenis tanah, namun tanah yang baik dan cocok untuk manggis adalah tanah latosol,podisolik merah kuning atau andosol.
Artinya tanah itu harus memiliki kandungan air tanah yang cukup dan banyak mengandung bahan organik (humus) sehingga mampu mengikat air dan punya drainase yang baik.

Manggis menyukai tempat tumbuh yang airnya dangkal namun curah hujan tinggi. pH tanah yang cocok adalah 5,0-7,0 pH dengan suhu 22-32 derajat dan intensitas cahaya matahari 40-80 persen.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya Di kawasan hutan eco wisata leuweung geledegan ecolodge Bogor tersedia bibit tanaman manggis keistimewaannya tempat ini mengedukasi cara budidaya bagi pengunjung.

Potensi Pasar

Saat ini provinsi penghasil manggis terbaik di Indonesia adalah wilayah Sumatera Barat,Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Nusa tenggara timur Bali. Indonesia adalah salah satu negara pengekspor manggis terbesar di dunia, paling banyak di ekspor ke China dan Dubai.

Potensi dan peluang pengembangan tanaman manggis di Indonesia sangat besar, baik ditinjau dari potensi lahan, keragaman jenis, maupun dari aspek petani dan teknologi. Terdapat sekitar 100 jenis tanaman manggis yang tumbuh di Indonesia dari sekitar 400 jenis yang dijumpai di dunia.

Di hutan rimbun desa Paninggaran Pekalongan Jawa Tengah adalah wilayah penghasil  manggis terbesar dengan kapasitas produksi ribuan ton untuk bisa di ekspor.

Salah satu pengepul buah manggis, Khoirul Anam, mengatakan, saat musim panen manggis, dalam satu bulan rata-rata ia mampu mengeskpor 400 keranjang buah manggis, atau sekitar 60-an ton perbulan.

Buah manggis biasanya diekspor ke Cina dan Dubai. “Untuk buah manggis ekspor, biasanya telinganya penuh, tidak bergetah, dan warnanya tidak terlalu hitam.

“Keistimewaan buah manggis pekalongan buahnya berbentuk agak lonjong”.
Selain Pekalongan, daerah penghasil manggis terbesar lainnya  adalah wilayah Sumbar, Badan Karantina Pertanian Sumatera Barat mencatat , Buah manggis menjadi komoditas utama ekspor hortikultura, pada periode musim panen Oktober 2019 menembus 58,9 Ton senilai 21,1 Milyar.(sumber liputan6.com )

Berdasarkan data sistem automasi perkarantinaan IQFAST di wilayah kerja Padang, China menjadi tujuan utama pasar ekspor manggis Sumbar. Selain Tiongkok, negara destinasi ekspor lainnya antara lain  Hongkong, Perancis, Malaysia, Taiwan, dan Singapura

2 thoughts on “Manggis Si Lambang Kejujuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *