Buah Buni

Dari namanya saja mungkin dari sebagian generasi kini sudah langka mendengar nama buah Buni, apalagi melihat dan mencicip rasa buahnya.

Pohon buah ini termasuk buah langka, dulu sering dimakan bersama campuran rujak uleg. nama ilmiahnya (Antidesma bunius L) Buahnya mirip anggur : bulat, kecil dan bergerombol.

Ternyata buah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Buni matang bisa langsung dimakan atau dibuat selai. Bagi kamu yang suka lalapan, daun dari buni muda akan membuat makanan terasa nikmat, loh.
Kandungan Buah Buni

Tidak sekadar memiliki gizi dan fitonutrien yang tinggi, buah ini mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitmain B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium dan serat-serat, Alkaloida dan Friendelin.

Warna ungu kehitaman pada buah yang matang menunjukkan kadar antosianin tinggi. Keberadaan senyawa aktif antosianin bernilai penting untuk kesehatan pembuluh darah. Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL alias lemak jahat dalam tubuh.

Para herbalis mengatakan jika buni bisa digunakan sebagai obat dari beberapa penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, batuk, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Mengutip dari beberapa sources berikut beberapa khasiat buah Buni :
1. Sebagai Daya Tahan Tubuh
Vitamin C dosis tinggi pada buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya kanker usus (colon). Buah ini bisa dimakan langsung atau dimasukkan dalam olahan makanan.
2. Memperlancar Saluran Pencernaan
Buah ini kaya akan serat. Mengonsumsi buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat di dalam tubuh. Sangat cocok dikonsumsi bagi Trubus Mania yang mengalami masalah pencernaan. Selain itu, buah ini mampu melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.
3. Mencegah Kanker
Buni bisa juga berfungsi sebagai buah yang memiliki fungsi antioksidan untuk pencegah kanker serta mencegah penuaan dini. Zat antioksidannya mampu membantu menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.
4. Peremajaan Kulit
Kandungan Vitamin C dan E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena dapat meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan tampak lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.
5. Mengobati Bisul dan Gatal-gatal
Sifat antiinflamasi dan diuretik alami pada buni dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, dan jerawat.
6. Buah ini bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Oleskan daun atau buah yang sudah dihaluskan atau ditumbuk lalu oleskan ke bagian luka.
7.Kandungan Buni memiliki rasa asam dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buni, di antaranya saponin, tanin, flavonoid, dan friedelin.

Kulit batangnya mengandung alkaloida yang beracun sehingga jumlah penggunaannya harus diperhatikan. Efek farmakologis buni, di antaranya menghilangkan haus, menghilangkan racun, meluruhkan keringat, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Buat yang penasaran dengan buah ini dan ingin mencoba sambal buahnya berkunjunglah ke Leuweung Geledegan Ecolodge.

One thought on “Buah Buni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *