Black Sapote (Diospyros nigra)

Black Sapote Si Buah Manis Rasa Puding


Dari penampilannya buah black sapote sama sekali tak mengundang selera. Ketika mulai matang buah asal Meksiko ini akan pecah dan memperlihatkan warna daging yang hitam lau dari pecahan itu keluar lelehan cair yang berwarna gelap. 
“Namun saat mencoba memakan buah ini lidah anda akan kecanduan dengan rasa dan tekstur manis selembut puding atau dodol lembut lebih nikmat lagi jika dicucuri susu kental.”

Adalah Black Sapote atau dengan nama ilmiah ( Diospyros digina) Buah ini termasuk buah-buahan langka dan jarang ditemui di pasaran. Bentuk buah ini mirip apel tapi berkelopak seperti manggis. Ukurannya khas besar dengan diameter  10cm.

Di negara asalnya Meksiko dan Spanyol buah ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi 1500-1800 mdpl namun bisa juga tumbuh di dataran rendah seperti di kawasan Bogor dengan 200-500 mdpl.

Musim berbuahnya cukup panjang berlangsung mulai Agustus hingga Januari. Panen bisa dilakukan saat ukuran maksimal saat kulit buah berwarna hijau cerah.

Ciri buah yang matang gampang retak, lembek serta kulit dan daging berwaran hitam, maka sering disebut Black Sapote.

Di Meksiko buah ini diolah menjadi bahan olahan kueh isi pie, es krim hingga puding manis. Di Filipina buah ini disajikan sebagai dessert dengan jus jeruk atau susu.

Sebentar, Konon ada kisah menarik tentang buah ini hingga masuknya ke Indonesia. Diospyros telah lama meninggalkan kampung halamannya di Jalisco, Chiapes, dan Yukatan. Ia dibawa ke Spanyol oleh tentara yang pulang dari perang.

Di negara barunya black sapota dinamai sapote negro, zapote prieto ,zapote mico, atau dengan sebutan Ebano.

Memasuki Abad 16 buah ini mulai masuk ke Filipina hingga ke kepulauan Ambon Indonesia. Black sapote dibawa oleh prajurit spanyol yang mencari daerah jajahan perang. Sayang sejak saat itu hingga kini buah ini tidak berkembang apalagi budidaya.

Tak perlu khawatir, saat ini Black Sapote mulai dibudidayakan di salah satu resort tematik ternyaman di Bogor. Leuweung Geledegan Ecolodge saat ini menjadi satu-satunya resort yang mengembangkan konservasi buah-buahan langka yang ada di Indonesia.

Selain menikmati resort indah bersama keluarga, ragam bibit tanaman buah langka pun tersedia di sini untuk dibawa pulang untuk ditanam.
Hayuu mulai menanam yuuuk……!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *